Rabu, 25 November 2009

Kolektor Temukan Gigi dan Jari Galileo




ROME (KRjogja.com) - Sempat hilang karena diambil para ilmuwan dan ahli sejarah saat pemakaman jenazah Galileo, 95 tahun setelah kematiannya di tahun 1642, Seorang kolektor benda kuno menemukan sebuah gigi dan dua ruas jari milik Galileo Galilei.

Saat itu jenazahnya dipindahkan dari tempat penyimpanan ke makam monumen seberang makam Michaelangelo di Basilika Santa Croce, Florence. Kini potongan tubuh tersebut ditemukan lagi dan dipamerkan di museum Florence's History of Science.

Menurut juru bicara museum, pernah ada pula sejarawan ilmiah bernama Giovanni Targioni Tozzetti yang mengakui dirinya tak tahan godaan untuk membawa lari tengkorak Galileo. Dia sempat mencuri potongan tubuh Galileo dan menulis kisah upacara pemakamannya. Namun pada akhirnya, potongan tubuh yang dicurinya itu disimpan di museum.

"Semua materi organik yang telah dianalisa dari potongan tubuh itu telah teridentifikasi. Berdasarkan dokumentasi sejarah, potongan tubuh itu autentik merupakan bagian tubuh sang ilmuwan yang hilang dan ditemukan kembali," kata juru bicara museum, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (22/11/2009).

Galileo yang meninggal pada tahun 1642 pernah dikecam oleh Vatikan karena menyatakan bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari. Ajaran gereja saat itu berpendapat bahwa Bumi adalah pusat dari jagad raya. Pada awal 1990-an, Paus Yohanes Paulus II merehabilitasi nama Galileo, dan mengakui kesalahan gereja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar